TEKNIK KOMPUTER DAN KEPERAWATAN

Friday 3 October 2014

Gejala dan Pencegahan Penyakit Gondok




Ciri-ciri penyakit gondok

Pencegahan penyakit gondok – Pengertian penyakit gondok – Penyebab penyakit gondok. Penyakit gondongan atau sering juga di sebut dengan gondok  adalah suatu penyakit menular yang dimana seseorang terinfeksi oleh suatu virus yaitu virus paramyxovirus yang menyerang kelenjar ludah atau kelenjar parotis yang terletak di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada daerah leher bagian atas atau daerah pipi bagian bawah. Berikut ini ucupers akan mengulas tentang pencegahan dan pengobatan penyakit gondok .
Gejala penyakit gondok
Akibat yang ditimbulkan oleh penyakit gondok pada orang dewasa antara lain produktivitas menurun karena tubuh lemas dan cepat lelah, gangguan kosmetik akibat pembesaran kelenjar tiroid dan penekanan pada jalan nafas sehingga terjadi suara serak sampai sesak nafas. Sedangkan pada bayi dan anak-anak akibat yang ditimbulkan justru lebih serius, yakni pertumbuhan terhambat atau kerdil, penurunan potensi tingkat kecerdasan, dan gangguan bicara serta tuli. Potensi penurunan IQ karena GAKY yakni menurun sampai 50 poin yang disertai kerdil dan menurun sampai 10 poin pada anak dengan penyakit gondok. Sedangkan kekurangan yodium pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran spontan, bayi lahir mati, bayi meninggal sebelum umur 1 tahun dan kemungkinan bayi menjadi kerdil saat dewasa.
Pencegahan penyakit gondok
Anda tidak perlu khawatir, penyakit gondok tersebut dapat dicegah, salah satu cara pencegahannya adalah dengan peningkatan konsumsi garam beryodium. Garam beryodium yang digunakan harus memenuhi standar nasional yakni mengandung yodium sebesar 30-80 ppm. Dianjurkan setiap orang mengkonsumsi garam beryodium sekitar 6 gram atau 1 sendok teh setiap hari. Kebutuhan ini dapat terpenuhi dari makanan sehari-hari yang diolah dengan menggunakan garam sebagai penambah rasa dalam hidangan. Selain itu setiap orang dianjurkan mengkonsumsi makanan dari laut yang kaya akan yodium seperti ikan laut, udang, dan kerang.
Semoga artikel pencegahan penyakit gondok bermanfaat untuk anda.