TEKNIK KOMPUTER DAN KEPERAWATAN

Friday 3 October 2014

Penyebab kanker




Faktor terbesar penyebab kanker – Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk: tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan biologis di dekatnya, bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik.
Pada kenyataannya, kanker bisa menyerang siapa saja dan bisa merusak jaringan tubuh manusia. Bahkan sel kanker bisa menyebar ke seluruh tubuh. Proses perawatannya pun terkadang sangat menyakitkan. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan beberapa faktor penyebab kanker. Yuk disimak
Penyebab kanker:
  • Usia
Usia manusia bisa menjadi penyebab kanker. Orang yang lebih tua resikonya lebih tinggi untuk terkena kanker. Kenyataannya, 75% kasus kanker terdiagnosa pada orang yang berusia diatas 60 tahun. Karena teorinya adalah, semakin tua usia kita, maka tubuh juga akan kehilangan kemampuan untuk mencegah kanker itu sendiri.
  • Keturunan
Beberapa kasus kanker payudara merupakan karena keturunan. Jika ada orang terdekat seperti ibu, bibi, kakak, atau nenek memiliki riwayat kanker payudara, maka sebaiknya periksakan diri sebelum terlambat.
  • Tembakau
Perokok aktif akan mengatakan bahwa orang yang tidak merokok akan jauh lebih berbahaya terkena  kanker paru-paru karena menghisap asap rokok. Sebenarnya, dua-duanya sama-sama berbahaya. Merokok bisa menyebabkan kanker paru-paru, tenggorokan, mulut, dan oesophagus. Dan banyak perokok pasif yang meninggal juga karena kanker paru-paru yang dibisa dari menghisap asap rokok.
  • Karsinogen
Karsinogen bisa berupa racun kimia seperti benzena, formaldehida, asbes, dan vinil klorida. Jangan salah, semua racun kimia ini banyak ditemui di kehidupan sekitar kita, contohnya cat tembok.
  • Paparan sinar matahari
Radiasi sinar UV juga menjadi penyebab kanker. Bila tidak menggunakan pelindung atau krim pelindung sinar matahari, banyak orang yang akhirnya terkena kanker kulit.