TEKNIK KOMPUTER DAN KEPERAWATAN

Friday 3 October 2014

Karang gigi




Tips mengatasi karang gigi secara alami – Karang gigi (Plak) merupakan kerak bakteri yang berupa lapisan tidak berwarna dan lengket (kadang mengeras) yang terbentuk diantara pertemuan gigi dengan gusi. Plak ini menyebabkan pembusukan dan penyakit pada gusi.
Pada umumnya karang gigi terletak di tepi gusi (supragingival), dapat juga masuk ke celah antara gigi dan gusi (subgingival). Biasanya seperti karang berwarna putih-kuning sampai ada yang kuning kehijauan.
Pembentukan karang gigi (dental calculus) memang dapat dicegah, sebab pada dasarnya kalkulus merupakan plak (kotoran gigi) yang mengeras yang disebaban karena adanya mineral yang mengendap yang berasal dari cairan mulut dan makanan/minuman. Jadi jika Anda membersihkan gigi dengan benar dan teratur, terutama di sela-sela gigi, maka plak akan bersih sebelum terlanjur mengeras.
Tips mengatasi karang gigi secara alami:
Pertama adalah dengan rajin menjaga kebersihan gigi, yaitu dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari secara benar dimana semua bagian-bagian gigi tersikat bersih. Juga jangan lupa untuk menggosok gusi secara lembut dan perlahan-lahan. Untuk gusi rahang atas, gerakan sikat gigi dari atas ke bawah, sedangkan gusi rahang bawah gerakan sikat gigi dari bawah ke atas.
Selain cara mengurangi pembentukan karang gigi diatas, berikut ini kami telah merangkum tips mengatasi karang gigi  secara alami, yuk disimak.
Bahan:
  • Biji asam jawa (secukupnya).
Pemakaian:
  • Sangrai (goreng tanpa minyak) biji asam jawa tersebut, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau di blender.
  • Gosokkan biji asam jawa yang telah dihaluskan tersebut pada gigi yang terdapat karangnya menggunakan kapas atau sikat gigi.
Selain tips mengatasi karang gigi diatas, usahakan Anda mengunjungi dokter gigi secara teratur.