TEKNIK KOMPUTER DAN KEPERAWATAN

Friday 3 October 2014

Kanker rahim



Penyebab kanker serviks – Penyebab kanker rahim – Tanda-tanda kanker serviks – Ciri-ciri kanker serviks
Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus atau sering di sebut HPV onkogenik, yang menyerang leher rahim. Kanker ini dapat hadir dengan pendarahan vagina, tetapi gejala kanker ini tidak terlihat sampai kanker memasuki stadium yang lebih jauh, yang membuat kanker leher rahim fokus pengamatan menggunakan pap smear. penggunaan secara luas program pengamatan leher rahim mengurangi insiden kanker leher rahim yang invasif sebesar 50% atau lebih, di negara berkembang. Para peneliti menemukan bahwa infeksi HPV yang menyebabkan semua kasus kanker leher rahim. Perawatan termasuk operasi pada stadium awal, dan kemoterapi atau radioterapi pada stadium akhir penyakit.
Penyebab kanker serviks:
  • Jarang melakukan pap smear
Para wanita harus sering melakukan pap smear untuk mengetahui kesehatan rahimnya. Banyak wanita seringkali meremehkan bagian tubuh yang satu ini, akhirnya pap smear bukanlah suatu hal penting. Dan inilah yang jadi salah satu penyebab kasus kanker rahim ditemukan terlambat.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
Tiap orang memiliki system kekebalan tubuh berbeda. Namun wanita normal pada umumnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang seimbang. Mereka yang menderita HIV/AIDS adalah orang-orang yang rawan terkena kanker rahim. Mengapa? Kondisi kekebalan tubuh mereka sangatlah lemah, sehingga berbagai virus dapat berkembang pesat di dalam tubuh mereka. Seringkali mereka yang menderita HIV/AIDS meregang nyawa bukan karena virus HIV, namun karena penyebab lain, salah satunya kanker rahim.
  • Faktor usia
Semakin bertambahnya usia, tubuh rentan terserang berbagai macam penyakit. Dokter seringkali menyarankan agar kita menjaga apa yang kita konsumsi serta berolah raga secara teratur. Banyaknya asupan sayur-sayuran dan buah-buahan mampu menjaga keseimbangan tubuh kita dan membantu regenerasi sel-sel tubuh. Dengan menu konsumsi yang tepat dan sehat, secara otomatis kita akan menjadi lebih sehat, karena sel-sel tubuh selalu muda. Virus dan segala macam penyakit tidak akan mudah menginfeksi. Untuk itu, kita yang mulai menginjak usia 40 tahun, lebih cermat memilih apa yang akan dikonsumsi dan rajin-rajin berolahraga secara rutin.
  • Sering berganti pasangan
Selain rentan terserang virus HIV/AIDS, mereka yang sering kali berganti-ganti pasangan mudah terserang kanker rahim. Apalagi jika pasangan menderita penyakit, penularan penyakit melalui persetubuhan lebih mudah terjadi. Sebaiknya mulai sekarang kita berhati-hati dan lebih bijaksana dan setia pada pasangan, untuk menjaga resiko yang tidak di inginkan.
  • Merokok
Tertulis di bungkus rokok, apabila merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, khususnya kemandulan pada wanita. Dan kanker rahim juga merupakan salah satu efek yang sangat mungkin terjadi pada para perokok wanita. Tidak dapat dipungkiri bahwa di balik kenikmatan merokok, efek negatif banyak ditimbulkan. Jika sudah jelas efeknya kenapa masih melanjutkan merokok, semua itu adalah pilihan anda.
  • Mengkonsumsi pil KB dalam jangka waktu yang sangat panjang
Mengontrol kehamilan sangat baik dilakukan, dokter juga sempat memberikan pil KB pada wanita. Namun, dokter lebih menyarankan KB alami ketimbang harus mengonsumsi obat-obatan kimia. Pengkonsumsian pil KB lebih dari 5 tahun secara rutin ternyata memberikan efek buruk pada rahim. Infeksi pada rahim akibat konsumsi besar-besaran pil KB secara rutin dan lama, memungkinkan seorang wanita menderita kanker rahim. KB alami memang lebih baik.
  • Mempunyai banyak anak
Para ahli mengatakan memiliki banyak anak mampu meningkatkan potensi terserang kanker rahim. Walaupun ini bukan faktor utama, namun ada baiknya kita mempertimbangkan “dua anak cukup”. Selain kebutuhan mereka yang lebih terjamin, perhatian serta kasih sayang kita akan lebih maksimal.
Itulah beberapa penyebab kanker serviks, semoga bermafaat untuk anda.