TEKNIK KOMPUTER DAN KEPERAWATAN

Friday 3 October 2014

Manfaat alpukat




Manfaat alpukat – Pohon buah dari Amerika Tengah, tumbuh liar di hutan-hutan, banyak juga ditanam di kebun dan di pekarangan yang lapisan tanahnya gembur dan subur serta tidak tergenang air. Meski dapat berbuah di dataran rendah, tapi hasil akan memuaskan jika ditanam pada ketinggian 200-1.000 m di atas permukaan laut (dpl), pada daerah tropik dari subtropik yang banyak curah hujannya.
Buah alpukat yang masak daging buahnya lunak, berlemak, biasanya dipakai untuk membuat es campur atau dibuat juice. Minyaknya biasa dipakai untuk keperluan kosmetik. Pada kesempatan kali ini kamai telah merangkum beberapa manfaat alpukat. Yuk disimak.
  • Mengobati bengkak karena peradangan
Bubuk dari biji secukupnya ditambah sedikit air hingga menjadi adonan seperti bubur, balurkan kebagian tubuh yang sakit.
  • Mengobati sariawan
Sebuah isi alpukat yang sudah masak diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata kemudian dimakan. kerjakan setiap hari hingga sembuh.
  • Mengobati kencing batu
4 lembar daun alpukat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau, dicuci lalu direbus menggunakan 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3 x 3/4 gelas.
  • Mengobati darah tinggi
3 lembar daun alpukat dicuci bersih kemudian diseduh menggunakan 1 gelas air panas. Setelah dingin diminum sekaligus
  • Untuk kulit muka kering
Buah diambil isinya kemudian dilumatkan hingga seperti bubur. Dipakai untuk masker, dengan cara memoles muka yang kering. Muka dibasuh menggunakan air setelah lapisan  masker alpukat tersebut mengering.
  • Mengobati sakit gigi berlubang
Masukkan bubuk biji alpukat pada gigi yang berlubang.
  • Mengobati kencing manis
Biji dipanggang di atas api kemudian dipotong kecil-kecil menggunakan pisau, kemudian direbus dengan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Saring, minum setelah dingin.
Selain dapat mengobati berbagai pentakit di atas, teh dan alpukat baik untuk menghilangkan rasa sakit kepala, nyeri lambung, bengkak pada saluran napas, rasa nyeri syaraf (Neuralgia) dan datang bulan tidak teratur.